Pengertian Asuransi Dari Berbagai Sumber

Kehidupan dan properti seseorang dikelilingi oleh risiko kematian, cacat atau kehancuran. Risiko-risiko tersebut dapat mengakibatkan kerugian finansial. Asuransi digunakan sebagai cara untuk mentransfer risiko tersebut ke perusahaan asuransi.

Sebenarnya apa itu asuransi?

Pengertian asuransi Berikut ini pengertian asuransi menurut beberapa sumber:

KBBI Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) asuransi adalah pertanggungan, perjanjian antara dua pihak. Pihak yang satu berkewajiban membayar iuran dan pihak lain berkewajiban memberikan jaminan sepenuhnya pada pembayar iuran bila terjadi sesuatu yang menimpa pihak pertama atau barang miliknya sesuai perjanjian yang dibuat.

Asuransi juga diartikan uang yang dibayarkan oleh perusahaan asuransi yang memberi pertanggungan. Berasuransi artinya menjadi anggota perusahaan asuransi. Mengasuransikan adalah mempertanggungkan (rumah, jiwa, harta benda dan sebagainya) kepada perusahaan asuransi. Perasuransian adalah perihal asuransi. Pengasuransian adalah proses, cara, perbuatan mengasuransikan.

OJK Dikutip dari situs resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), asuransi adalah perjanjian antara perusahaan asuransi dan pemegang polis yang menjadi dasar bagi penerimaan premi oleh perusahaan asuransi sebagai imbalan. Imbalan yang dimaksud adalah untuk:

1. Memberikan penggantian kepada tertanggung atau pemegang polis karena kerugian, kerusakan, biaya yang timbul, kehilangan keuntungan, atau tanggung jawab hukum pada pihak ketiga yang mungkin diderita tertanggung atau pemegang polis karena peristiwa yang tidak pasti.

2. Memberikan pembayaran yang didasarkan meninggal atau hidupnya tertanggung dengan manfaat yang besarnya telah ditetapkan dan atau didasarkan pada hasil pengelolaan dana. Usaha pengasuransian merupakan kegiatan usaha yang bergerak di bidang. Jasa pertanggungan atau pengelolaan risiko. Pertanggungan ulang risiko. Pemasaran dan distribusi produk asuransi atau produk asuransi syariah. Konsultasi dan keperantaraan asuransi, asuransi syariah, reasuransi atau reasuransi syariah. Penilai kerugian asuransi atau asuransi syariah.

Polis asuransi digunakan untuk melakukan lindung nilai terhadap risiko kerugian finansial, baik besar maupun kecil, yang dapat disebabkan oleh kerusakan pada tertanggung atau propertinya. Atau dari pertanggungjawaban atas kerusakan atau cedera yang disebabkan oleh pihak ketiga. Ada banyak jenis polis asuransi yang tersedia dan hampir setiap individu atau bisnis dapat menemukan perusahaan asuransi yang mau mengasuransikannya dengan harga tertentu.

Jenis polis asuransi pribadi yang paling umum adalah mobil, kesehatan, kepemilikan rumah dan jiwa. Bisnis memerlukan jenis polis asuransi khusus yang mengasuransikan jenis risiko spesifik yang dihadapi oleh bisnis tertentu. Ada juga kebijakan asuransi untuk kebutuhan spesifik yang disebut asuransi kesalahan dan kelalaian. Seperti penculikan dan tebusan (Kidnap and Ransom atau K&R), malapraktik medis, dan asuransi kewajiban profesional. Dalam memilih asuransi, sebaiknya perhatikan tiga komponen utama yang membentuk sebagian besar polis asuransi yaitu deductible (dapat dikurangkan), limit polis (policy limit) dan premi (premium).

Banyak berbagai macam produk asuransi salah satunya asuransi untuk anak sekolah berupa asuransi pendidikan. Ataupun asuransi kesehatan terbaik 2018 bagi andan dan keluarga tercinta.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *