Pentingnya Mengenali Gejala Alergi Pada Anak

Alergi pada anak pada dasarnya menjadi salah satu masalah kesehatan yang paling sering dikeluhkan. Alergi sendiri merupakan reaksi sistem imunitas tubuh terhadap beberapa zat asing yang tidak sengaja dihirup, tertelan, disuntikkan, atau bahkan tersentuh. Agar kesehatan anak selalu terjaga dengan baik, makanya Anda perlu sekali mengetahui berbagai macam gejala alergi pada anak.

Moms, harus tahu bahwa pada beberapa anak alami reaksi alergi yang biasanya muncul secara jelas di bagian kulitnya, hal ini bisa saja terjadi akibat sentuhan langsung dengan alargennya. Tidak hanya itu sja, gejala alergi di kulit juga bisa disebabkan oleh makanan yang dikonsumsinya. Jika yang demikian ini dibiarkan begitu saja, maka bukan hanya bisa mengganggu kenyamanan si kecil akan tetapi juga mengganggu tumbuh kembangnya.

Mengenali Gejala Alergi Pada Anak

Jika diperhatikan lebih jauh lagi, gejala alergi pada anak ini ada banyak sekali bentuknya, yakni kulit kemerahan, melenting berisi cairan, basah yang terasa sangat gatal, lokasi lesi atau daerah yang terpengaruh alergen tersebut biasanya ada di kedua sisi badan dan cenderung simetris, contohnya saja di kedua lengan atau kaki maupun kedua pipinya.

Tetapi demikian, biasanya yang lebih sering muncul di bagian pipi, tengkuk, siku, pergelangan tangan, pada lipatan tubuh, dan anggota gerak bawah. Alergi bahkan juga sebabkan bentol memerah yang berbentuk kubah dan berukuran bervariasi, yakni dari 2 mm hingga 1 cm yang kedua bergabung jadi satu lesi yang luas. Jika alergi yang di derita anak Anda sudah kronis, maka alergi tersebut akan diikuti dengan kulit yang jadi lebih tebal dan mengelupas.

Pada dasarnya ada dua gejala paling umum dari reaksi alergi di kulit, yakni eksim dan utikaria. Eksim adalah kulit yang meradang akibat bakteri yang berkembang di bagian kulit. Karakteristiknya umumnya berupa sekumpulan lepuhan yang berwarna merah di bagian atas kulit, lalu pecah dan akhirnya mengeluarkan cairan yang gatal. Jika cairan tersebut mengering maka sebabkan kulit bersisik dan terasa sangat gatal sekali. Tetapi demikian, dalam beberapa kasus ringan malah tidak menimbulkan rasa gatal sama sekali.

Lalu untuk urtikaria sendiri merupakan kulit yang berubah jadi merah pucat, kemudian muncul benjolan di beberapa bagian yang alami kontak langsung dengan alergen. Kulit akan terasa sangat gatal sekali dan terkadang sperti terbakar. Selain muncul di kulit tubuh, ternyata urtikaria juga bisa muncul di tenggorokan, telinga, dan lidah.

Ada cara terbaik untuk mengatasi alergi pada anak yang bisa dicoba, misalnya saja dengan mengetahui penyebabnya. Dengan mengetahui penyebab alergi pada anak, maka Anda bisa menghindarkan anak dari paparan zat yang bisa memicu alergi, dengan begitu reaksi alergen pun tidak akan muncul. Beberapa jenis makanan atau minuman yang menjadi penyebab alergi sebaiknya dihindari dulu.

Pada dasarnya alergi pada anak ini tidak bisa terjadi begitu saja, akan tetapi membutuhkan waktu. Semakin seringnya anak Anda bersentuhan dengan alergen, maka akan semakin cepat pula ia akan memunculkan reaksi alergen tersebut. Hal ini terjadi karena tubuh punya ambang batas toleransi, yakni batas tertinggi tubuh untuk menerima paparan.

Apabila sampai terjadi alergi pada anak, maka Anda bisa memberikannya obat – obatan yang biasanya dipakai, seperti obat kortikosteroid dan antihistamin. Pastinya penggunaan obat – obatan tersebut harus atas saran dokter atau bidan.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang pentingnya mengenali gejala alergi pada anak. Semoga bisa bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *